Senin, 05 Februari 2018

KISAH RAHASIA DI BALIK SPOT DIVING INDONOR KARIMUNJAWA


wisata-karimunjawa
Gambar 1.1 diving kapal indonor

Karimunjawa merupakan salah satu Taman Nasional Laut di Indonesia menjadi salah satu tujuan wisata populer tidak kalah keren dengan wisata lainnya di Indonesia. Kondisi laut yang jernih dan kondisi alam masih asri serta keramah tamahan penduduk Karimunjawa menjadikan banyak wisatawan berkunjung ke Wisata Karimunjawa setiap harinya.

Tak perlu takut merogoh koccek dalam-dalam ketika ingi pergi berwisata terutama ketika mengunjungi wisata Karimunjawa karena Harga Wisata Karimunjawa sekarang ini ramah di kantong sehingga anda tidak perlu takut akan mengeluarkan uang lebih selama wisata Karimunjawa.

Berkunjung ke Karimunjawa layaknya mengunjungi sebuah aquarium raksasa dimana di dalamnya bisa melakukan berbagai kegiatan seperti bejemur di pantai, memancing, snorkeling dan diving. Kedahsyatan ciptaan Tuhan akan alam bawah laut Wisata Karimunjawa begitu luar biasa sehingga membuat siapapun ingin berkunjung serta menikmati suasana pantai wisata yang masih asri.

Wisata Karimunjawa menawarkan petualang menarik pada setiap tempat wisata yang kita singgahi selama berada di Karimunjawa. Anda akan dibuat betah dengan suasana maupun penduduknya ramah terhadap setiap wisatawan disana.

Mendengar kata pantai tentu yang terlintas di pikiran kita adalah Bali, tetapi tanpa kita sadari masih banyak pantai dan laut di Indonesia belum tersentuh tangan usil manusia, dan masih terjaga kelestariannya. wisata Karimunjawa menyuguhkan pesona wisata pantai membuat decak kagum wisatawan yang menyambangi Karimunjawa. Karimunjawa sendiri terdiri dari 27 pulau kecil si selatan pulau Jawa. Keindahan Karimunjawa membuat kawasan ini dijadikan cagar alam atau Taman Nasional dilindungi pemerintah.


wisata-karimunjawa
Gambar 1.2 bangkai kapal indonor

Banyak orang ingin menghilangkan kepenatan hiruk pikuk kota dengan mengunjungi pantai pantai indah salah satunya adalah pantai di wisata Karimunjawa. Bagi anda penggemar diving disarankan untuk mengunjungi wisata alam satu ini. Berbagi ketegangan selama wisata Karimunjawa akan anda temukan dalam sekejap ketika anda mulai menyelam bahkan anda akan disambut oleh bangkai kapal telah lama karam dibawah permukaan laut.

Di Karimunjawa, Laut dipenuhi dengan spesies unik ikan dan kehidupan tanaman. Bangkai kapal berabring dengan sabar, menunggu anda untuk menyelama kedalaman kapal karam (kapal Indonor). Pesona Karimunjawa menyambut anda dalam bahasa, rumah, dan budaya ramah tamah. Hidangan eksotis lokal nuansa seafood, menarik warga kota maupun wisatwan. Memang tak perlu diragukan lagi wisata Karimunjawa memiliki keindahan yang sudah diakui oleh wisatawan.

Masih banyak yang belum tahu, Karimunjawa punya wreck berupa kapal batubara. Kapal ini jadi tempat favorit bagi para penyelam wisata Karimunjawa. spot diving paling populer ini namanya Indonor. Suasana terasa sangat sunyi dan misterius, pilar-pilar besi kapal terlihat seiring berjalannya waktu, lalu banyak juga terdapat terumbu karang ( soft coral) berwarna-warni sangat indah berjuang untuk hidup dan tumbuh terus.

Indonor itu kepanjangan dari Indonesia Norwegia, Bagaimana sejarah kapal ini ? Indonor adalah nama kapal batubara yang karam sekitar tahun 1960-an. Terletak di perairan Karimunjawa, wisatawan cukup menaiki kapal sekitar 20 menit dari Kemujan. Berada di kedalaman 15 meter, kapal sepanjang 100 meter ini telah patah di beberapa tempat. Ada beberapa titik patahan yang bisa dimasuki. Mulai dari depan ada buritan memiliki kedalaman 4 meter dan haluan sedalam 17 meter.

Di badan kapal, ada patahan tengah sedalam 10 meter. Tempat ini biasanya jadi tempat ikan platax yang melakukan scholing. Tak hanya platax, stingray atau pari pun sering bermain-main ke daerah patahan tengah. Selain itu,ada nudibranch atau kelinci laut ungu berjenis flabellina. Lucu banget!

Saat melakukan diving dan melihat bangkai kapal dibawah permukaan laut wisata Karimunjawa anda akan seperti mencari harta karun wisata Karimunjawa, lebih menariknya lagi selain berdiving ria dan menaklukkkan berbagai tantangan juga bisa mendapatkan pengetahuan sejarah tentang Indonesia khususnya mengenai wisata Karimunjawa. Menurut cerita kapal tersebut karam karena sang nahkoda kapal menyangka Kepulauan Karimunjawa adalah pesisir pantai Semarang, Jawa Tengah. Dasar-dasar pantai Karimunjawa yang relatif rendah membuat kapal tersebut kandas dan akhirnya karam.

Para wisatawan yang mau diving disini diharapkan untuk membawa senter karena kapal ini cukup besar dan gelap. Bulan baik untuk berkunjung ke Karimunjawa adalah bulan september Oktober karena bulan ini perairan wisata Karimunjawa sedang jernih-jernihnya.