Selasa, 27 Februari 2018

KEMEGAHAN TERUMBU KARANG DI KARIMUNJAWA


wisata-karimunjawa
Gambar 1.1 karimunjawa

Sejak tanggal 15 Maret 2001, Pulau Karimun Jawa ditetapkan oleh pemerintah Jepara sebagai Taman Nasional. Kepulauan ini merupakan rumah bagi terumbu karang, hutan bakau, hutan pantai, serta hampir 400 spesies fauna laut, diantaranya 242 jenis ikan hias. Beberapa fauna langka berhabitat di kepulauan Karimunjawa adalah elang laut dada putih, penyu sisik, dan penyu hijau.

Jenis terumbu karang di Taman Nasional Karimunjawa merupakan terumbu karang pantai/tepi (fringing reef), terumbu karang penghalang (barrier reef) dan beberapa taka (patch reef). Kekayaan jenisnya mencapai 51 genus, lebih dari 90 jenis karang keras dan 242 jenis ikan hias. Dua jenis biota yang dilindungi yaitu akar bahar/karang hitam (Antiphates spp.) dan karang merah (Tubipora musica). Biota laut lainnya yang dilindungi seperti kepala kambing (Cassis cornuta), triton terompet (Charonia tritonis), nautilus berongga (Nautilus pompillius), batu laga (Turbo marmoratus), dan 6 jenis kima.

Terumbu karang Wisata Karimunjawa merupakan kekayaan pesona alam bawah laut bahari karimunjawa yang selama ini dijadikan para wisatawan sebagai tujuan destinasi wisata utama karimunjawa sebelum opsi kedua sebelum tour darat seperti bukit love, bukit joko tuwo, trekking mangrove, bukit jati kerep dan masih bejibun lokasi wisata karimunjawa lainnya. Sudah tidak diragukan lagi bahwasannya Wisata Karimunjawa memang memiliki kekayaan terumbu karang yang bisa dibilang destinasi wajib untuk dinikmati ketika anda melakukan aktivitas wisata Karimunjawa. Bagi para wisatawan yang sudah pernah mengunjungi pulau yang sering disebut dengan hidden island “surga tersembunyi” oleh bule-bule tersebut pasti sudah merasakan sensasi keindahan bahari wisata alam bawah laut karimunjawa.


wisata-karimunjawa
Gambar 1.2 terumbu karang karimunjawa

Saat anda mengagendakan liburan wisata karimunjawa anda tidak perlu was-was mengenai biaya karena Harga Wisata Karimunjawa dapat anda nikmati dengan budget pas-pasan tentunya. Selama wisata Karimunjawa anda juga bisa menikmati secara langsung terumbu karang tentunya tersaji di depan mata anda secara langsung, namun mohon diingat kembali sebelum anda datang berkunjung ke pulau surga tersembunyi ini marilah kita rawat alam wisata kita bersama, saat anda datang mengagendakan wisata liburan karimunjawa mohon jangan menginjak kekayaan alam wisata Karimunjawa tercinta kita ini, karena pesona alam kita harus kita jaga bersama agar anak cucu kita juga bisa menikmatinya.

Perlu diketahui bahwa terumbu karang di Karimunjawa termasuk tumbuhan yang  dilindungi oleh pemerintah, jadi ketika saat anda melakukan aktivitas wisata ke kepulauan karimunjawa jangan sekali kali mengambil untuk dibawa pulang ya.

Terumbu karang karimunjawa memang menjadi wahana wisata terfavorit saat anda berkunjung ke kepulauan karimunjawa, setiap orang yang hendak datang ke karimunjawa pasti memiliki tujuan sama, yaitu menikmati pesona alam bawah lautnya. Melakukan aktivitas snorkeling bawah laut karimunjawa adalah aktivitas yang bisa dibilang wajib oleh para pelancong wisatawan yang melakukan agenda wisata liburan ke kepulauan karimunjawa. Selain snorkeling tentunya sambil melihat lihat dan menikmati pemandangan ikan hias karimunjawa.

Terumbu karang karimunjawa adalah salah satu wujud kelestarian alam bawah laut wisata Karimunjawa yang sangat indah. Tentu dengan tujuan kelestarian alam bawah laut terutama terumbu karang didasar laut karimunjawa maka kita harus turut serta selalu menghimbau para wisatawan wisata Karimunjawa agar tidak diinjak sembarangan dan pada akhirnya warisan alam bawah laut karimunjawa sampai kepada generasi kedepan termasuk anak cucu.

Sedikit himbauan dan tips wisata untuk anda selama wisata Karimunjawa, mohon jangan menginjak terumbu karang tersebut. Karena jika sampai terumbu karang bawah laut rusak sudah dapat dipastikan ikan hias pun ikut punah karena terumbu karang merupakan rumah dari ikan hias dan juga sumber perliandungan mereka. Dan selain hal tersebut perlu anda ketahui bahwasannya terumbu karang membutuhkan ratusan tahun untuk tumbuh kembali, nah sayang sekali bukan jika kita tidak hati-hati dalam melakukan aktifitas wisata bawah laut karimunjawa jika kita hanya membutuhkan satu detik untuk merusaknya namun terumbu karang btersebut membutuhkan ratusan tahun untuk ada kembali. Jadi sudah selayaknya alam bahari bawah laut wajib kita jaga bersama agar pesona alam kita tidak rusak. Bukan hanya di karimunjawa tentunya ya. Dimanapun kita berada mari kita rawat alam kita ini, kita jaga bersama.