Minggu, 21 Januari 2018

PENTINGNYA MEMAHAMI RAMALAN CUACA BMKG KETIKA LIBURAN KE KARIMUNJAWA


wisata-karimunjawa
Gambar 1.1 karimunjawa

Kepulauan Karimunjawa yang terletak di sebelah utara pulau jawa ini mempunyai total jumlah pulau sebanyak 27, pulau ini sebagian ada yang berpenghuni tapi lebih banyak yang tidak berpenghuni. Pulau paling banyak dihuni adalah pulau Karimunjawa. pulau Karimunjawa adalah pulau paling besar diantara pulau lainnya di huni oleh beberapa suku seperti suku jawa, suku madura, suku bugis. Mereka mendiami pulau ini sudah cukup lama, sebagian besar dari mereka adalah para pendatang bekerja sebagai nelayan kemudian tinggal dan menetap di Karimunjawa.

Karimunjawa dikenal dengan alam laut nan indah, guna menikmatinya banyak traveler tak menikmatinya dengan maksimal. Wisata Karimunjawa menjadi primadona Jepara dengan pemandangan alam luar biasa indah. Sebelum liburan ke Karimunjawa ada baiknya mencari informasi Harga Wisata Karimunjawa dan juga informasi mengenai tempat wisata Karimunjawa.

Perkembangan industri Wisata Karimunjawa meningkat pesat berkat dukungan pemerintah setempat. Keelokan pantai dan laut Karimunjawa menawarkan berbagai wisata maupun petualangan bahari. Mulai wisata kuliner di alun-alun, berfoto di gosong pasir, Bukit Love, berenang maupun snorkeling menjadi agenda wajib jika berkunjung ke wisata Karimunjawa.

Gambar 1.2 bukit love karimunjawa

Hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan ketika akan mengunjungi wisata Karimunjawa adalah cuaca. ya, cuaca menjadi salah satu hal penting jika anda ingin  liburan ke wisata Karimunjawa. Cuaca pada bulan Desember, Januari, Februari diperkirakan cuaca hujan di perairan laut Jepara dan Karimunjawa. Kemungkinan besar kondisi angin tidak stabil, sehingga mengakibatkan tinggi gelombang bisa mengganggu pelayaran.

Biasanya untuk sementara pada bulan Desember hingga Februari, kegiatan tour wisata Karimunjawa dihentikan sementara, hal ini dilakukan demi keamanan wisatawan yang berlibur di wisata Karimunjawa. Tapi jika cuaca di pulau Karimunjawa membaik, tidak menutup kemungkinan pelayaran menuju wisata Karimunjawa dibuka kembali.

Banyak sekali wisatawan takut dan berpikir dua kali jika ingin berkunjung ke wisata Karimunjawa. Mereka biasanya beralasan karena cuaca di laut jawa sering tidak menentu yang mengakibatkan kapal sering batal berangkat. Tidak sedikit juga para wisatawan enggan balik karena pernah terjebak di pulau Karimunjawa karena cuaca buruk. Hal inilah yang sebenarnya masih menjadi PR besar bagi pemda terkait memperbarui alat transportasi yang sering menjadi kendala jika terjadi gelombang tinggi.

Musim yang baik untuk berlibur ke wisata Karimunjawa adalah bulan maret hingga agustus. Pada bulan tersebut, cuaca sangat mendukung dimana angin tidak terlalu kencang serta ombak tak terlalu tinggi. Pada bulan maret sampai agustus cukup ramai kunjungan wisatawan karena pelayaran ke wisata Karimunjawa berjalan normal. Oleh karenanya, nelayan menawarkan perjalanan menuju pulau-pulau seperti Pulau Menjangan Besar, Pulau Cemara Besar, Pulau Gosong. Tiap pulau tentunya menawarkan pesona tersendiri sehingga patut dikunjungi.