Kamis, 18 Januari 2018

MELIHAT LEBIH DEKAT KEINDAHAN IKAN NEMO DI KARIMUNJAWA



wisata-karimunjawa
Gambar 1.1 spot nemo karimunjawa

Kepulauan Karimunjawa terletak di Jawa Tengah memang memiliki pemandangan bawah laut menakjubkan. Berbagai macam objek wisata dan spot keindahan alam bawah lautnya membuat setiap mata wisatawan akan merasa puas telah jauh-jauh datang ke Karimunjawa. Salah satu objek wisata atau spot yang menjadi andalan Karimunjawa adalah spot nemo. Salah satu titik penyelaman favorit Wisata Karimunjawa adalah Pulau Menjangan Kecil. Pantai pasir putih yang memiliki luas sekitar 46 hektar ini terletak di sebelah selatan Karimunjawa.

Waktu yang Anda butuhkan untuk sampai di Pulau Menjangan Kecil ini adalah 15 menit dari pulau utama, yakni Pulau Karimunjawa. Jika dari pelabuhan Jepara, waktu perjalanan ke Menjangan Kecil bisa sampai lima jam menggunakan kapal feri dengan Harga Wisata Karimunjawa yang ramah di dompet. Sesampainya di Pulau Menjangan Kecil, Anda akan langsung disuguhi pemandangan menakjubkan wisata Karimunjawa. Pantai pasir putih, laut berwarna biru bening, ombak yang tidak terlalu besar adalah bentuk sambutan hangat dari pulau eksotis wisata Karimunjawa.

Pulau berpasir putih gugusan pulau Wisata Karimunjawa ini salah satu spot snorkeling populer. Dengan kedalaman tak lebih dari 8 meter, Anda sudah dapat menyelam dan menyapa ikan – ikan yang hidup dan berkembang biak di wisata Karimunjawa. Namun untuk Anda menyukai menyelam di laut dalam juga terdapat spot tersendiri.

Tidak seperti ikan warna-warni kebanyakan seliweran di wisata Karimunjawa, ikan nemo seakan tak mau jauh dari anemon. Ia akan berenang di sekitar anemon saja sehingga Anda harus jeli jika ingin melihat nemo tersebut.



wisata-karimunjawa
Gambar 1.2 spot nemo

Tergolong ikan hias, ikan nemo memang berukuran kecil. Maka dari itu, waktu yang tepat mendatanginya adalah saat air laut masih surut sehingga jarak antara anemon dan permukaan laut wisata Karimunjawa tidak terlalu jauh. Snorkeling pun bisa puas melihat ikan lucu khas wisata Karimunjawa ini.

Ikan warna-warni nan cantik jadi salah satu daya tarik yang disajikan di wisata Karimunjawa. Nah, bagi Anda penyuka nemo alias ikan badut, wisata Karimunjawa adalah tempat tepat untuk bertemu hewan tersebut.Nemo atau lebih dikenal dengan sebutan ikan badut adalah anak dari suku Amphiprioninae dalam suku Pomacentridae. Ada dua puluh delapan spesies yang biasa kita kenali, salah satunya adalah genus Premnas, seperti sisanya termasuk dalam genus Amphiprion. Mereka bersebar di lautan Pasifik, Laut Merah, lautan India, dan karang besar Australia.

Di alam bebas mereka bersimbiosis dengan anemon laut. Anemon akan melindungi Ikan badut dari pemangsa dan ikan badut akan membersihkan anemon dengan memakan sisa-sisa makanan anemon. Ikan badut berwarna kuning, jingga, kemerahan atau kehitaman. Spesies terbesar mencapai panjang 18 cm, sementara yang terkecil hanya 6 cm. Ikan – ikan ini banyak terdapat di perairan wisata Karimunjawa ini. Clown fish yang semakin dikenal banyak orang lewat film finding nemo ini kerap berenang di sekitar terumbu karang dan tak jarang sengaja bersembunyi di balik biota laut yang lain.

Selain nemo, wisata Karimunjawa juga dapat membuat anda bertemu dengan ikan kakap hitam dan kerapu yang biasa berburu biota laut lainnya di antara gugusan karang batu wisata Karimunjawa. Tips bagi Anda selama berada di wisata Karimunjawa, jika melihat kerang kima hitam, jangan sekali-kali mengambilnya apalagi untuk dikonsumsi, karena sekarang keberadaan kerang jenis ini dilindungi oleh pemerintah sebab termasuk spesies laut yang langka. Begitu juga ketika Anda snorkeling di spot – spot memiliki kedalaman laut yang dangkal, karena pada spot wisata Karimunjawa yang dangkal ini besar kemungkinan orang bisa tanpa sengaja menginjak dan mematahkan karang, padahal butuh waktu hingga ratusan tahun bagi karang untuk tumbuh.