Kamis, 25 Januari 2018

MANFAAT JAMBU METE YANG BANYAK TERDAPAT DI KARIMUNJAWA


wisata-karimunjawa
Gambar 1.1 karimunjawa

Karimunjawa adalah kepulauan di Laut Jawa yang termasuk dalam Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Dengan luas daratan 1.500 ha dan perairan 110.000 ha,wisata Karimunjawa dikembangkan menjadi pesona Wisata Taman Laut yang mulai banyak digemari wisatawan lokal maupun mancanegara. Terdapat 242 jenis ikan hias, serta 133 genera fauna akuatik terdapat di pulau ini. Beberapa fauna langka berhabitat di Wisata Karimunjawa adalah elang dada putih, penyu sisik, dan penyu hijau.

Karimun berasal dari bahasa Jawa yaitu kremun artinya kabur atau samar-samar. Diberi nama tersebut karena kepulauan ini terlihat samar-samar dari Pulau Jawa karena letaknya cukup jauh dari Pulau Jawa. Untuk mencapai wisata Karimunjawa memakan waktu sekitar 5 jam menggunakan kapal Feri Siginjai sedangkan dengan kapal Express Bahari hanya 2 jam perjalanan saja.

Kepulauan Karimunjawa menjadi surga bagi para penyelam. Keindahan laut Wisata Karimunjawa sudah tak diragukan lagi keindahannya. Keindahan terumbu karang serta ikan berwarna-warni menjadi daya tarik untuk bermain-main di dalam air. Air laut Karimunjawa sangat jernih dan bening, sehingga anda bisa melihat dasar laut dengan jelas. Pantai-pantai wisata Karimunjawa sebagian besar berpasir putih, oleh karena itu wisata Karimunjawa sangat cocok untuk kegiatan berjemur, memancing, menyelam, bulan madu, atau hanya sekedar wisata ke Karimunjawa.

Karimunjawa tak hanya menawarkan keindahan wisata lautnya saja tapi juga mempunyai wisata gunung tak kalah menawan. Puncak gunung wisata Karimunjawa juga mempunyai spot sunset yang sangat bagus. Untuk mengunjungi tempat wisata Karimunjawa tidak perlu mahal karena Harga Wisata Karimunjawa nggak bikin kantong bolong. Pemda setempat telah membangun beberapa jalan setapak, saung, dan arena bermain. Tapi jangan salah dibalik Keindahan panorama di atas gunung Wisata Karimunjawa ini juga terdapat hutan yang banyak pohon Jambu Mete, di sebut khas Karimunjawa karena memang sudah terbukti bahwa ada banyak jambu mete sering di kelola warga Karimunjawa menjadi kacang Mete.



wisata-karimunjawa
Gambar 1.2 jambu mete

Para wisatawan juga sering menjadikan kacang Mete sebgai oleh-oleh khas Karimunjawa, karena harga kacang Mete di Karimunjawa cukup murah. Rasanya lebih gurih, tidak pahit, utuh tidak pecah. Di samping rasanya yang gurih Jambu Mete sendiri juga mempunyai beragam manfaat baik untuk kesehatan diantaranya:

1. Mencegah penyakit anemia

Khasiat jambu khas Karimunjawa yang pertama adalah mencegah anemia. Anemia menyerang tubuh membuat anda lelah karena kekurangan sel darah merah sebagai penguat tubuh. buah ini punya kandungan zat besi yang cukup menambah produksi sel darah merah.

2. Penangkal Radikal Bebas

Manfaat Jambu Mete Karimunjawa selanjutnya yaitu menangkal efek bahaya dari radikal bebas. Hal ini dikarenakan jambu mete memliki vitamin C dan fungsi antioksidan baik untuk dicerna tubuh sebagai pelindung dari radikal bebas.

3. Menyehatkan Mata

Khasiat Jambu Mete khas Karimunjawa untuk mata juga sangat bermanfaat. Buah ini mengandung banyak vitamin A baik bagi nutrisi mata anda. Mata anda akan lebih sehat, pandangan lebih tajam, dan terhindar dari penyakit mata minus.

4. Obat Asma

Penderita asma ingin terobati dengan lebih alami dapat mengonsumsi buah khas wisata Karimunjawa. Khasiat jambu ini bagi penderita asma adalah melancarkan sistem pernafasan, sehingga penyakit asma anda tidak akan terlalu sering kambuh dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

5. Mencegah Penyakit Jantung

Jantung sehat perlu dijaga sejak dini, tidak perlu menunggu sampai anda menua dan mengidap penyakit jantung kronis. Kamu hanya perlu mengonsumsi buah jambu Mete guna menyehatkan organ jantung dalam tubuh.

6. Mengatasi Sembelit

Sembelit merupakan penyakit yang menyerang sistem pencernaan anda. Akibatnya kita sering BAB. Manfaat jambu mete khas wisata Karimunjawa untuk pencernaan yaitu melancarkannya, sehingga anda tidak perlu mengidap penyakit sembelit lagi.