Rabu, 24 Januari 2018

BEBERAPA ALASAN KENAPA WISATA KARIMUNJAWA SEMAKIN TERSOHOR


wisata-karimunjawa
Gambar 1.1 wisata karimunjawa

Wisata Karimunjawa merupakan pilihan destinasi wisata tepat ketika anda mengunjungi Jepara. Wisata Karimunjawa merupakan sebuah kepulauan yang terdiri dari 27 pulau dan berada di laut Jawa bagian tengah. Tetapi, dari 27 pulau tersebut hanya terdapat 5 pulau berpenghuni. Karimunjawa berjarak 83 km bagian utara kota Jepara. Karimunjawa mempunyai potensi wisata alam bahari menakjubkan. Maka dari itu, sejak tahun 2001 Kepulauan Karimunjawa berubah menjadi Taman Nasional Indonesia.

Karimunjawa adalah objek wisata berupa kepulauan dan termasuk kawasan Taman Nasional. Wisata Karimunjawa ini terdiri atas lautan dan daratan, dimana luas perairannya kurang lebih 110.000 ha dengan luas daratan 1.500 ha. Semakin pesatnya perkembangan objek wisata Karimunjawa ini tentu tak pernah lepas dari peranan pemerintah setempat untuk mengembangkan potensi wisata Karimunjawa. Wisata Karimunjawa semakin tersohor karena menawarkan berbagai spot wisata menarik sehingga banyak sekali menarik wisatawan baik wisatawan domestik maupun mancanegara.

Wisata Karimunjawa akan memanjakan mata anda dengan pemandangan begitu eksotis dan menawan, termasuk keindahan bawah lautnya, wisata Karimunjawa dapat dinikmati dengan Harga Wisata Karimunjawa tak akan membuat kantong bolong. Turis asing menjuluki wisata Karimunjawa sebagai Caribbean Van Java nya Indonesia. Inilah sederet alasan mengapa wisata Karimunjawa semakin tersohor:

Laut dan Pantainya yang indah


wisata-karimunjawa
Gambar 1.2 pantai ujung gelam

Alasan utama mengapa wisata Karimunjawa begitu tersohor alasannya tentu saja karena memiliki pemandangan laut indah. Anda bisa berjalan-jalan di pantai berpasir putih dengan pemandangan laut jernih kebiruan. Belum lagi ditambah dengan semilir angin sepoi-sepoi dan udara laut segar.

Untuk pemandangan pantai yang indah, anda harus mengunjungi pantai Ujung Gelam Wisata Karimunjawa. Pantai ini terkenal karena terdapat pohon kelapa miring yang menjadi spot foto menarik untuk wisatawan.

Laut di kawasan wisata Karimunjawa ini juga cukup dangkal, menjadi tempat sangat cocok bila anda membawa anak-anak.

Surganya Terumbu Karang


wisata-karimunjawa
Gambar 1.3 karimunjawa

Bicara mengenai keindahan Karimunjawa memang tak pernah ada habisnya terutama berhubungan erat dengan keindahan alam lautnya. Karimunjawa kaya akan terumbu karang, menurut sejumlah informasi ada 90 jenis terumbu karang di Karimunjawa. Belum lagi ada 400 spesies fauna laut, pasti menggoda anda untuk menyambangi wisata Karimunjawa ini. 

Jika anda hobi menyelam, Pulau menjangan kecil wisata Karimunjawa bisa menjadi pilihan tepat. Pulau ini surganya alam bawah laut. Menariknya lagi lokasi keindahan bawah laut itu tidak terlalu jauh dari permukaan laut, sehingga anda tidak perlu usaha ekstra.

Kaya Fauna

Ini salah satu alasan kuat mengapa anda harus melakukan wisata Karimunjawa. Betul, anda bisa menyaksikan bagaimana satwa liarnya hidup secara normal di alam. Karimunjawa memang surganya para satwa liar diantaranya banyak yang hampir punah. Misalnya elang laut dada putih, penyu sisik, penyu hijau, rusa dan aneka jenis burung.

Treking Hutan Mangrove



wisata-karimunjawa
Gambar 1.4 hutan mangrove

Belum banyak orang mengetahui kalau Karimunjawa memiliki hutan Mangrove yang menarik untuk dijelajahi. Hutan Mangrove di Karimunjawa letaknya tidak jauh dari dermaga kapal utama wisata Karimunjawa. Jaraknya hanya sekitar 2 Km dan bisa ditempuh dengan sepeda motor atau berjalan kaki. Hanya dengan harga Rp 2.500 untuk turis lokal dan Rp 20.000 untuk turis mancanegara, para wisatawan bisa menikmati sejuknya udara dalam hutan yang tak bisa dirasakan di tengah kota wisata Karimunjawa.

Disana kita bisa melihat ada sekitar 45 jenis spesies Mangrove masuk ke dalam 25 famili. Salah satu jenis mangrove langka adalah Scyphiphora hydrophyllacea atau nama lokalnya Duduk. Dalam waktu dekat ini kawasan hutan mangrove Karimunjawa akan dijadikan pusat studi Mangrove dunia.

Diving di Kapal Karam

Gugusan pulau Karimunjawa ini ternyata memiliki dasar pantai rendah sehingga rawan untuk kapal melintas. Yup, Karimunjawa ternyata banyak memiliki kuburan kapal karam bisa dikunjungi para divers.

Perairan Pulau Genting misalnya memiliki bangkai kapal karam dari Cina. Anda bisa menemukan pecahan keramik kuno di lambung kapal bila kebetulan melakukan diving di tempat tersebut.

Selain kapal dari Cina, juga ada kapal dari Panama Indono yang karam di dekat Pulau Kemujan. Kapal ini ukurannya dua kali kapal ferry Indonesia dan sudah menjadi rumahnya ikan beraneka ragam.

Selain Panama Indono, Pulau Kemujan juga memiliki bangkai kapal karam asal Belanda sebelumnya merupakan pengangkut batu bara.