Kamis, 07 Desember 2017

KEPULAUAN KARIMUNJAWA MENJADI POROS PARIWISATA INDONESIA YANG LAYAK DIPERHITUNGKAN

Karimunjawa adalah sebuah kecamatan di Jepara, Jawa Tengah yang berbentuk kepulauan di tengah Laut Jawa. Berjarak sekitar 83 KM di utara kota Jepara, Kepulauan Karimunjawa terdiri dari 27 pulau, namun hanya 5 pulau yang berpenghuni. Potensi wisata utama dari Kepulauan Karimunjawa adalah keindahan lautnya. Karena potensi wisata taman laut tersebut, kepulauan ini ditetapkan sebagai salah satu taman nasional Indonesia pada tahun 2001.

Tempat wisata yang telah ditetapkan sebagai taman laut nasional Indonesia ini mempunyai lebih dari 90 jenis karang laut, dan lebih dari 240 jenis ikan. Di beberapa pulau, anda Paket Wisata Karimunjawa dapat melihat hutan mangrove dan hutan pantai. Selain itu anda juga dapat menjumpai beberapa jenis satwa di daratan, misalnya rusa, kera, berbagai jenis burung, penyu, dan lain-lain.

6 Tempat Wisata Karimunjawa yang Menarik Untuk di Kunjungi.


Berikut ini 6 tempat wisata karimunjawa yang menarik dan wajib Anda kunjungi, yaitu :

karimunjawa
Gambar 1.1 Pulau Karimunjawa


1. Pulau Menjangan kecil

Tempat wisata karimunjawa yang menempati posisi pertama dan akan menjadi tempat favorit para traveler yang gemar snorkeling dan menyelam karena terdapat hamparan air jenih berwarna biru kehijauan yang tidak terlalu dalam, dibawahnya dipenuhi dengan keindahan terumbu karang dan berbagai ikan hias berwarna-warni yang sangat cantik. Tempat ini juga biasa disebut “Spot MAER”. Namun khusus bagi Anda yang tidak bisa berenang sebaiknya berhati-hati jangan sampai Anda terluka karena menginjak terumbu karang atau merusaknya karena tidak sengaja mematahkannya.

2. Pulau Menjangan Besar

Tempat wisata karimunjawa yang kedua adalah Pulau Menjangan Besar yang cocok untuk menguji nyali atau keberanian Anda, karena terdapat penangkaran ikan Hiu, dimana Anda mendapatkan Harga Paket Wisata Karimunjawa yang murah, bisa mencoba untuk masuk ke kolam yang berisi Ikan Hiu dan berenang bersaman-sama dengan mereka. Tapi Anda tidak perlu khawatir, karena ternyata ikan Hiu di pulau ini cukup bersahabat dan jinak dengan manusia, namun tentu saja meskipun Anda akan ditemani oleh para ahli yang telah berpengalaman bermain berenang bersama ikan Hiu akan tetap membutuhkan ketenangan dan nyali yang besar untuk berhadapan langsung dengan ikan pemakan daging ini.  Jadi bisa dikatakan bagi Anda yang menyukai kegiatan yang cukup memacu adrenalin, maka tempat ini wajib untuk Anda kunjungi.

karimunjawa
Gambar 1.2 Penangkaran Hiu Karimunjawa

3. Pulau Cemara Besar

Tempat wisata karimunjawa yang selanjutnya adalah yang didalamnya terdapat banyak pohon cemara, karena itulah mungkin diberi nama Pulau Cemara. Dipulau ini Anda Paket Wisata Karimunjawa juga bisa melihat beraneka jenis ikan-ikan hias yang indah, namun bila dibandingkan dengan Spor MAER, Spot Gosong Cemara memiliki koleksi ikan hias yang tidak terlalu banyak, namun karena spot ini lebih dalam, maka terumbu karang yang terdapat disini masih terjaga dan asri, disini juga Anda bisa melihat penyu laut serta berbagai biota laut lainnya yang unik dan manarik untuk dilihat.

4. Spot Nyamplungan

Hampir sama dengan Spot MAER dan Spot Gosong Cemara, Spot ini juga menawarkan keindahan biota lautnya, tempat wisata karimunjawa yang satu ini terletak pada bagian barat Kepulauan Karimun Jawa.

5. Pantai Tanjung Gelam

Tempat wisata karimunjawa yang kelima adalah Pantai Tanjung Gelam yang terkenal dengan ikon “pohon kelapa miring”, disini hampir semua traveler menyempatkan diri untuk mengabadikan momen di sekitar pohon kelapa miring ini. pantai ini menawarkan pesona keindahan pantai yang sangat cantik dan menarik, disini Anda bisa  bermain-main pasir, berenang dilaut, karena airnya yang cukup dangkal, sehingga sangat aman untuk Anda yang membawa anak kecil.

6. Pulau Cilik dan Pulau Tengah

Tempat wisata karimunjawa berikutnya berada di bagian timur Pulau Karimunjawa, membutuhkan waktu 2 jam dengan menggunakan speed boat untuk sampai ditempat ini. Saat menuju ke pulau ini Anda bisa melihat ikan lumba-lumba yang sedang berenang di sekitar Anda. Bila memasuki pertengahan perjalanan Anda akan melihat gundukan pasir yang biasanya akan nampak saat air laut sedang surut, yang berlokasi di bagian selatan pulau cilik.