Selasa, 05 Desember 2017

ANEMON RUMAH IKAN NEMO DI KARIMUNJAWA YANG LUCU TAPI MEMBAHAYAKAN

Karimunjawa adalah salah satu tempat wisata yang menawarkan berbagai keindahan alam khususnya bahari. Pantai dan ekosistem dasar laut di perairan kepulauan Karimun Jawa adalah kunci kesuksesan pariwissata Paket Wisata Karimunjawa di disini.

Berbagai macam objek wisata dan spot keindahan alam bawah lautnya membuat setiap mata wisatawan Paket Wisata Karimunjawa akan merasa puas telah jauh-jauh datang ke Karimunjawa. Salah satu objek wisata / spot yang menjadi andalan di Wisata Karimunjawa adalah lokasi ikan nemo.

Bentuk tubuh anemo seperti bunga sehingga juga di sebut bunga mawar laut. Pada umumnya anemon banyak dijumpai pada daerah terumbu karang yang dangkal dan jarang dijumpai pada daerah terumbu karang yang persentase tutupan karang batunya tinggi.

karimunjawa
Gambar 1.1 Anemon Karimunjawa

Lipatan yang bundar di antara badan dan keping mulut membagi binatang ini kedalam kapitulum di bagian atas dan scapus bagian bawah. Di antara lengkungan seperti leher (collar) dan dasar dari kapitulum terdapat "fossa".

Keping mulut bentuknya datar, melingkar, kadang-kadang mengkerut, dan dilengkapi dengan tentakel kecuali pada jenis Limnactinia, keping mulut tidak dilengkapi dengan tentakel. Beberapa anemon laut dapat bergerak seperti siput, bergerak secara perlahan dengan cara menempel.Sebagian besar anemon laut memiliki sel penyengat yang berguna untuk melindungi dirinya dari predator.

Di perairan Karimunjawa terdapat juga ikan nemo di beberapa tempat wisata Harga Paket Wisata Karimunjawa dengan spot-spot snorkeling. Contohnya saja di Menjangan kecil, taka, gosong cemara, dll. Jika beruntung wisatawan akan melihat ikan nemo ini.

Ikan badut dan anmeon itu sendiri akan tumbuh di daerah terumbu karang, jadi dimaka ada terumbu karang biasanya mereka juga akan hidup disekitar mereka. Kenapa? Karena kualiatas perairan disana layak dan bagus untuk pertumbuhan mereka. Jika kualitas perairan tersebut buruk dengan adanya pencemaran lingkungan maka biota yang ada didalamnya pasti akan mati termasuk terumbu karang dan nemo-nemo ini.