Jumat, 29 September 2017

FAKTA MENARIK KEPULAUAN KARIMUNJAWA ADA NAMANYA PULAU BENGKOANG

Pulau Bengkoang Karimunjawa adalah pulau yang tidak berpenduduk dengan luas 105 Ha ini termasuk dalam wilayang Desa Kemujan Kecamatan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah.

Di bagian utara Pulau Bengkoang terdapat dua pulau kecil yang tidak termasuk dalam Geretir Pulau di Karimunjawa.

Kedua pulau tersebut dengan nama Pulau Kokok Besar dan Pulau Kokok Kecil oleh penduduk sekitar. Kedua pulau tersebut juga memiliki pesisir pantai berpasir pasir putih dengan dominasi vegetasi mangrove dan kelapa.

Di Pulau Kokok Besar terdapat sebuat menara suar yang dibangun oleh Balai Taman Nasional Karimunjawa yang kondisinya sudah rusak karena tidak terpelihara.

pulau karimunjawa
Gambar 1.1 Pulau Bengkoang Karimunjawa

Penduduk sekitar menyebutkan nama Pulau ini dengan sebutan Pulau Bengkoang, sesuai dengan hasil Verifikasi dan pembakuan nama pulau yang telah dilakukan oleh Tim Nasional Pembakauan Nama Rupabumi.

Nama Pulau Bengkoang berasal dari tumbuhan Bengkoang yang dulu tumbuh subur di pulau ini.

Liburan ke Karimunjawa tak lengkap rasanya kalau tak mencoba diving. Berada di Pulau Bengkoang, penampakannya seperti di Bahama sana. Penasaran?

Salah satu spotnya adalah Pulau Bengkoang. berkesempatan untuk menjelajahi sisi timur pulau Bengkoang. Jaraknya sekitar 1 jam dari Pelabuhan Karimunjawa.

Airnya biru dan tenang. Membuat siapa pun yang berdiri di atasnya, tidak sabar untuk terjun ke dalam air.

Mirip diving di film into the blue yang di Bahamas, banyak karang gede dan pasir putih.

bengkoang island
Gambar 1.2 Pulau Bengkoang

Saat sedang melihat-lihat karang kami bertemu dengan ikan murai yang memiliki nama latin Gymnotorax. Ikan ini terlihat bersembunyi di dalam karang.

Pulau Bengkoang memiliki permasalahan yang tidak terlalu banyak, antara lain peneangan oleh penduduk sekitar pulau yang memanfaatkan kayu mangrove untuk bahan baku perahu atau kayu bakar.

Sedangkan potensi yang dapat dikembang pada ekosistem mangrove di pulau ini adalah penagkapan ikan ramah lingkungan ( pemasangan perangkap ikan atau kepiting) pembesaran komoditi perikanan seperti ikan dan kepiting dan penyedia bibit mangrove.

Gambar 1.3 Kegiatan Camp di Pulau Bengkoang

Air permukaan atau tumbuh air yang terdapat di Pulau Bengoang terdiri dari sebuah rawa yang pada saat surut rawa ini membantu dua buah sumber mata air ( rawa ) dengan jenis air payau.

Menurut mitos yang dipercaya menduduk sekitar terdapat seekor ular besar yang mendiami rawa dan menjaga pulau ini, sehingga sangat jarang penduduk sekitar yang mau masuk pada rawa di tengah pulau ini.