Rabu, 26 Juli 2017

TRACKING MANGROVE KARIMUNJAWA JADI SALAH SATU DESTINASI FAVORIT WISATAWAN MANCANEGARA

Berlibur ke Karimunjawa merupakan dambaan setiap orang. Obyek wisata seindah ini tentu tidak pernah sepi oleh pengunjung. Keindahan dan keakraban alam yang di tawarkan sungguh memanjakan mata. Kepulauan yang identik dengan pantai dengan air yang jernih. Menjadi destinasi pilihan untuk melakukan snorkeling.

Selain wisata pantainya, karimunjawa juga memiliki spot wisata yang tak kalah menarik. Tour darat biasanya menjadi salah satu schedule saat berwisata. salah satu spot yang tak pernah ketinggalan untuk di kunjungi adalah Tracking mangrove Karimunjawa.

Hutan Mangrove Karimunjawa
Gambar 1.1 Tracking Mangrove Karimunjawa

Tracking mangrove terletak di pulau kemojan. Tepatnya di perbatasan pulau kemojan dan karimunjawa yang di pisahkan oleh terusan. Jarak hutan mangrove sendiri tidak terlalu jauh dari alun-alun karimunjawa. Hanya membutuhkan waktu kurang jadi 1 jam kita sudah dapat melihat keindahan Hutan mangrove karimunjawa.

Tracking mangrove di kelola oleh Balai Taman Nasional Karimunjawa. Terdapat jalan/track tersendiri yang terbuat dari kayu sehingga memudahkan wisatawan untuk menikmati keasrian Wisata Karimunjawa.

Karimunjawa Island
Gambar 1.2 Hutan Mangrove Karimunjawa

Hutan mangrove yang rimbun memiliki daya tarik tersendiri. Bagaikan berjalan di gua yang terbuat dari pepohonan. sangat indah dijadikan sebagai spot untuk berfoto. Siapa sangka, ternyata tracking mangrove ini menjadi salah satu destinasi favorit oleh para bule/wisatawan mancanegara. Banyak dari mereka yang ingin menikmati keramahan alam kepulauan cantik ini.

Bukan hanya keindahan pantai dan kecantikan dasar lautnya. Tracking mangrove pun mampu memikat hati turis mancanegara. Di tengah-tengah tracking mangrove ini, terdapat bangunan yang menjulang tinggi. wisatawan biasa menyebutnya Menara padang/gardu pandang. Menara pandang ini dapat di gunakan untuk melihat pemandangan sekitar.

Keindahan Alam Karimunjawa
Gambar 1.3 Menara Pandang Karimunjawa

Destinasi wisata ini dapat dijangkau dengan murah meriah. Tak usah mengeluarkan uang sampai merogoh kocek hingga dalam. cukup dengan Rp. 5000 kalian sudah dapat menikmati keindahan tracking hutan mangrove karimunjawa.

Terdapat 45 jenis spesies mangrove yang tergabung dalam 25 famili yang berada dalam kawasan wisata tracking. namun diluar kawasan tersebut masih terdapat beberapa jenis lagi.

Hutan mangrove di Karimunjawa tidak hanya di kelola sebagai salah satu spot wisata. Namun, pengelolaan tracking mangrove karimunjawa ini juga memiliki manfaat lho. Diataranya adalah mencegah abrasi dan erosi air laut.

Wisata Karimunjawa
Gambar 1.4 Keindahan Hutan Mangrove Karimunjawa

Erosi merupakan proses pengikisan permukaan air tanah oleh aliran air. Sedangkan abrasi merupakan pengikisan permukaan tanah akibat hempasan ombak laut. Hutan mangrove juga memiliki akar yang dapat melindungi tanah di wilayah pesisir. Sehingga mampu menjadi pelindung pengikisan tanah akibat air.

Hutan mangrove memang unik dan cantik. tetapi jika kalian ingin mengunjungi spot tersebut, disarankan jangan lupa membawa lotion anti nyamuk untuk berjaga jaga.

Bagaimana? cantik sekali kan tracking mangrove ini? Ayo segera berlibur ke karimunjawa. Bukan merupakan hal yang sulit untuk menjangkau The paradise of Java ini. Karena kini telah banyak penyedia paket karimunjawa.