Jumat, 09 Juni 2017

CARA SEDERHANA UNTUK MENJAGA KELESTARIAN ALAM KARIMUNJAWA

Taman laut Nasional Karimunjawa merupakan pilihan tepat buat wisata saat ini. Keindahan Karimunjawa baik dalam laut dan pulau-pulaunya yang berpasir putih luas maupun keramahan penduduk setempat yang tidak begitu mementingkan materi menjadikan pualu ini patut di kunjungi.

Tidak perlu mengeluarkan banyak uang kita sudah bisa menikmati liburan yang sungguh mempesona dan sangat mengenang di hati.

Pulau Paradise Karimunjawa Island yang terkenal memiliki pemandangan alam menakjubkan serta resort yang nyaman yang akan anda nikmati dengan harga yang kami berikan kepada Anda.

Pulau Karimunjawa adalah pulau yang termasuk dijaga kebersihannya oleh warga sekitar sehingga para wisatawan juga harus bisa menghargai kebersihan lokal di setiap tempat wisata yang ada di karimunjawa.

Cara sederhana untuk menjaga kelestarian alam di Karimunjawa :

1. Jangan Buang Sampah Sembarangan

Jagalah kebersihan karimunjawa dengan cara jangan membuang sampah sembarangan di dalam laut maupun di daratan.

Misalkan para wisatawan sedang melakukan snorkeling dan mengasih makan ikan-ikan kecil yang ada di dalam laut karimunjawa, sampah plastiknya sebaiknya di simpan di kapal dan di kumpulkan jadi satu sehingga tidak merusak terumbu karang.

Saat anda mengunjungi bukit yang ada di karimunjawa juga anda harus menjaga kebersihan bukit tersebut. sudah di sediakan tempat sampah untuk para wisatawan jadi mohon menghargai warga sekitar yang sudah menyediakan tempat sampah. Malu dong seorang wisatawan membuang sampah sembarangan.

Pulau Karimunjawa
Gambar 1.1 Karimunjawa

2. Jangan Merusak Terumbu Karang

Snorkeling adalah kegiatan tour laut yang ada di Karimunjawa selain olahraga diving. Karimunjawa terkenal dengan keindahan bawah lautnya dan berbagai macam keindahan biota lautnya.

Paket wisata karimunajawa pasti mempunyai fasitilas yang memadahi salah satunya tour laut. Tour lautnya biasanya mengunjungi beberapa pulau yang ada di Karimunjawa.

Saat anda snorkeling wisatawan di mohon bisa menjaga terumbu karang yang ada di karimunjawa. Karena karang di karimunjawa di rawat oleh warga lokal karimunjawa.

karimunjawa
Gambar 1.2 Terumbu Karang Karimunjawa

Senang dengan kegiatan snorkeling sampai-sampai anda tidak memperhatikan terumbu karang, dengan asyiknya memegang terumbu karang, bahkan malah menginjak terumbu karang. Itu sangat fatal, terumbu karang di sentuh bisa mati apalagi di injak.

Jadilah wisatawan yang bisa menghargai warga lokal dan kalau anda memang wisatawan tetap menjaga kebersihan dan menjaga habitat aslinya ( Terumbu Karang )

3. Jangan Membunuh/Mengambil hewan laut yang dilindungi

Dengan keindahan bawah lautnya karimunjawa menjadi salah satu tujuan utama para wisatawan dari manca negara maupun wisatawan lokal.

Kegiatan diving dan snorkeling adalah kegiatan wajib yang biasa dilakukan para wisatawan Karimunjawa.

Dengan demikian kita juga harus bisa tetap menjaga kondisi kebersihan laut karimunjawa. Jangan seenaknya membuang sampah sembarangan, menyentuh terumbu karang, bahkan mengambil hewan laut yang telah di lindung tersebut.

Anda suka melikmati alam anda juga harus bisa merawat dan menjaga alam tersebut. Jangan hanya menjadi wisatawan yang bersenang-senang sesaat dan tidak memperhatikan kebersihan dan perlindungan yang ada di tempat wisata tersebut.