Rabu, 07 Juni 2017

MAKANAN INI JADI MAKANAN FAVORIT KETIKA LUNCH DI PASIR PUTIH KARIMUNJAWA

Penasaran makanan favorit ketika lunch di Karimunjawa?


Salah satu fasilitas yang di sediakan dari jasa biro tour Karimunjawa adalah Lunch atau makan siang di tepi pantai, sehabis kita seharian melalukan kegiatan tour laut yaitu snorkeling kita langsung di sandarkan di salah satu pulau yang ada di Karimunjawa yang bisa digunakan untuk para Wisata Karimunjawa lunch.

Keindahan biota laut di Pulau Tengah

Keindahan biota laut perairan Pulau Tengah di dominasi oleh hard corals seperti terumbu karang dari keluarga acroporidae dan juga table coral. Di beberapa sudut terlihat sea anemone yang melambai-lambai. Dimana ada sea anemone, dapat dipastikan bahwa tempat itu juga merupakan surga bagi ikan-ikan badut (clown fish). Banyak titik snorkeling di Pulau Tengah yang menjadi surga bagi anemone dan ikan badutnya.

Pulau Tengah mempunyai luas sekitar 4 hektar. Di pulau ini terdapat sebuah warung sederhana berbentuk rumah panggung yang menyajikan kelapa muda, minuman hangat, dan juga gorengan sebagai pelengkap makan siang. Di pulau ini juga terdapat 2 buah resort, entah milik siapa, kami lupa.

Puas ber-snorkeling, kapal kami merapat di dermaga Pulau Tengah. Di samping dermaga ini terdapat “semcam” kolam hiu yang kami tidak tahu persis apa kegunaannya selain memisahkan hiu tersebut dari habitat aslinya. Ada yang tau apa gunanya? Ketika kami datang, ada belasan wisatawan asing yang tampaknya berasal dari Yunani yang semuanya adalah perempuan. Teman rombongan kami pun meminta sebagian dari mereka untuk berfoto bersama.

karimunjawa
Gambar 1.1 Menu Lunch di Karimunjawa


Lunch Pulau Tengah

Sambil menunggu ikan selesai di bakar untuk mekan siang, kami pun berjalan-jalan mengelilingi pulau ini. Sebagai pulau yang letaknya cukup jauh dari pulau induk, tentu saja membuat kondisi alam pulau ini masih alami. Pantai cantik berpasir putih, ombak yang cukup tenang, dan air laut yang bening, tentu membuat mata dan kamera kami tak henti-hentinya menangkap momen ini.

Dengan luasnya yang 4 hektar, ternyata cukup untuk membuat kami kelelahan ketika selesai mengelilingi pulau ini. Kami pun mengambil posisi masing-masing untuk beristirahat dan menunggu makan siang yang tampaknya akan segera siap. Benar saja, 15 menit menunggu, makan siang brupa ikan kakaktua bakar pun siap untuk disantap.

Bersandar di tepi pandai dengan udara yang sepoi-sepoi sehingga suasana lunch semakin terasa nikmat. Lunch dengan metu seafood/non seafood yang di sediakan saat makan siang.

Gambar 1.2 BBQ


Seperti ikan laut ataupun cumi-cumi yang biasanya di hidangkan untuk lunch di tepi pantai berpasir putih. Kadang juga bisa di tambah udang tetapi tergantung musimnya, karimunjawa adalah pulau terpencil jadi tidak jauh dari kemungkinan terkadang di karimunjawa tidak tersedia apa-apa karena ombak besar jadi lunch bisa di ganti dengan menu lain seperti ayam.

Sesudah makan siang kita kembali di bawa Guide ke salah satu tempat yang tidak kalah menarik untuk melalukan kegiatan snorkeling. Tidak kalah menarik dengan lokasi-lokasi lainnya karena Karimunjawa keindahan bawah lautnya memang harus di akui jempol. Semua lokasi wisatanya memang sungguh menakjubkan, ditambah dengan keramahan warga lokal yang walcome sama tamu dengan murah senyumnya menyambut hangat para wisatawan, sehingga banyak wisatawan yang berbondong-bondong liburan ke Karimunjawa.