Jumat, 09 Juni 2017

MAKAM DI KARIMUNJAWA YANG MEMILIKI CERITA MISTIS DAN DIKERAMATKAN

Makam di Karimunjawa yang memiliki cerita mistis dan di keramatkan adalah makam sunan nyamplungan. Sunan Nyamplungan dilahirkan dengan nama Syekh Amir Hasan. Sunan Nyamplungan adalah anak dari Sunan Muria.

Sunan Nyamplungan di berikan kepada Syeh Amir Hasan karena di tempat Syeh Amir Hasan terdapat pohon nyamplungan, sehingga warga karimunjawa menyebut Syeh Amir Hasan dengan nama Sunan Nyamplungan.

Sunan Nyamplungan adalah seorang Putera Sunan Muria. Sunan Nyamplungan merupakan Santri dari Sunan Kudus yang sangat cerdas tetapi ia memiliki sifat tidak baik yaitu sombong. Kesombongan yang membuat Sunan Muria geram adalah ketika seluruh santrinya disuruh mencari Kijang.

sunan nyampulungan karimunjawa
Gambar 1.1 Pintu Masuk Makan 

Tetapi Sunan Nyamplungan tidak mau ikut mencari melainkan hanya menunjukan jarinya yang bisa mengeluarkan cahaya kearah kijang. Karena Sunan Nyamplungan memamerkan keistimewaanya dia, maka Ia di usir untuk pergi ke pulau yang terlihat kremun-kremun (samar-samar) dari atas Gunung Muria. Maka Sunan Nyamplungan pergi kearah Pulau Kremun-Kremun (Karimunjawa) tetapi ketika baru sampai disebuah pantai terdapat banyak sekali ikan Bandeng maka pantai tersebut diberi nama Pantai Bandengan.

Karena ibu Sunan Nyamplungan sangat sayang dengan Ia, maka Ibunya membuatkan masakan kesukaan Sunan Nyamplungan yaitu Pecel Lele. Ketika Ibunya mengejar sampai Pantai Bandengan ternyata Sunan Nyamplungan sudah menyebrang sehingga Ibu Sunan Nyamplungan melempar Pecel Lele ke Pantai Bandengan, Pecel Lele tersebut hanyut mengikuti perahu sunan Nyamplungan sampai ke Karimunjawa. Ketika sampai di Karimunjawa Lele tersebut hidup kembali dan hidup di laut yaitu di Lagon Lele, Lele-Lele tersebut tidak memiliki patil.

Sesuatu yang di buru wisatawan religi saat berada di makam Sunan Nyamplungan :


1. Pohon Kayu Dewandaru

Pohon dewandaru dalam terminologi jawa dapat diartikan sebagai kayu ‘Pembawa Wahyu Dewa’. Kata dewandaru banyak dijumpai dalam kisah pewayangan maupun dalam khasanah bahasa Jawa Kuno maupun sansakerta. Karenanya tidak mengherankan jika kemudian pohon bernama dewandaru ini kemudian sarat dengan mitos.

Diskripsi Pohon Dewandaru. Dewandaru (Eugenia uniflora) merupakan tumbuhan perdu dengan tinggi mencapai 5 meter dan hidup menahun. Batang pohon dewandaru tegak, berkayu, berbentuk bulat dengan kulit kayu berwarna coklat.

Daun dewandaru merupakan daun tunggal, berwarna hijau berbentuk lonjong dengan ujung dan pangkal yang meruncing. Daun berukuran sekitar 5 sentimeter dengan tepi daun yang rata dan pertulangan menyirip. Bunga tunggal dengan daun pelindung kecil berwarna hijau, mahkota bunga berwarna kuning sedangkan benang sari dan putik berwarna putih. Buahnya buni (bulat) dengan diameter sekitar 1,5 cm, berwarna merah. Bijinya kecil, keras, berwarna coklat.

karimunjawa island
Gambar 1.1 Tracking ke Makam

Ciri asi kayu dewadaru karimun jawa adalah warna putih kekuningan-coklat kuning, makin tua seratnya akan makin lebar. Bahan kayu walaupun lama tersimpan puluhan tahunpun kayu luar nampak kering namun saat dibelah akan terlihat basah berminyak dan beraroma kecut. Karakter batang dari pinggir sampai ke tengah akan berwarna sama serasi " pinggir kuning tengahpun kuning". Bagian kayu ini ada yang tenggelam ada yang terapung, walaupun terapung namun untuk kayu dewadaru tua dalam bentuk tasbih gelang dan aksesoris lainnya saat sering dipakai lama kelamaan akan tenggelam di air-keunikan kayu dewadaru.

perjalanan
Gambar 1.3 Tracking ke Mata Air 

2. Mata Air di kawasan Makam Sunan Nyamplungan

Mata air di kawasan makam sunan nyamplungan tepatnya di atas makam sunan nyamplungan. Di belakang makam ada tangga untuk menuju ke mata air yang ada di sunan nyamplungan.

Dipercaya bahwa air mata sunan nyamplungan penuh berkah, bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit dan dipercaya bisa awet muda.

Air mata di percaya bisa menyembuhkan penyakit, karena air mata sunan nyamplungan adalah titisan dari sunan nyamplungan.

3. Mencari Berkah

Biasanya para wisatawan dan warga sekitar berjiarah ke sunan nyamplungan dan berdoa untuk sunan nyamplungan dan mencari berkah.

Biasanya mereka juga pada berdoa agak diberi keberkahan dan hidayah.

4. Pendatang baru harus sowan minta ijin

Lebih sopannya setiap wisatawan sebaiknya melakukan sowan ke sunan nyamplungan karena itu lebih sopan, sunan nyamplungan yang menyebarkan agama islam di karimunjawa.

Dan orang yang pertama kali di Karimunjawa adalah sunan nyamplungan jadi lebih sopannya lagi sebelum anda melakukan wisata menjenguk makam sunan nyamplungan dan turut memberikan doa kepada Beliau.